CERITA TANTE DEWASA Beritanya Selalu Asik Banget BOS

Seperti Ini Proses Pembuatan Jam Abadi

TOKOPEDIA


Sebuah crane sedang bekerja di lokasi Jam di bagian barat Texas.

Ini adalah Jam yang sangat besar, setinggi ratusan meter, terletak di dalam sebuah gunung, yang dirancang untuk bertahan hingga rentang waktu 10.000 tahun. Sesekali lonceng yang ada di dalam Jam ini memainkan melodi. Setiap kali lonceng berdering, lonceng itu membunyikan melodi yang belum pernah dimainkan sebelumnya. Lonceng jam ini telah diprogram untuk tidak mengulangi melodi itu untuk 10.000 tahun. Jam tersebut menimbun energi dari sumber yang berbeda dan kadang-kadang jam itu akan berdering sendiri ketika tidak ada orang mendengarnya.


Menggali terowongan pintu masuk untuk jam.

Jam ini nyata adanya. Sekarang ini sedang dibangun di dalam sebuah gunung di barat Texas. Jam ini adalah yang pertama dari Jam milenium. Para perancang berharap akan dapat bangun jam seperti ini di seluruh dunia di waktu yang akan datang. Ada lokasi jam kedua yang sudah dibeli terletak di puncak sebuah gunung di timur Nevada, sebuah lokasi yang dikelilingi oleh hutan pinus bristlecone yang telah berusia 5.000 tahun.

Pinus bristlecone merupakan salah satu diantara organisme berumur terpanjang di planet ini. Para desainer dari Jam di Texas mengharapkan loncengnya akan tetap berdering dua kali selama pinus bristlecone yang telah berusia 5.000 tahun masih ada. Sepuluh ribu tahun adalah sekitar usia peradaban, sehingga Jam 10K-year akan mengukur masa depan peradaban sama dengan masa lalu. Yang mengasumsikan kita berada di tengah-tengah perjalanan - pernyataan implisit seorang optimisme.


Insinyur Chris Rand (kanan) dengan bagian roda Jenewa pertama.


Jam ini sedang mesin dan dirakit di California dan Seattle. Sementara gunung di Texas sedang disiapkan. Mengapa ada orang yang membangun Jam di dalam sebuah gunung dengan harapan bahwa itu akan berdering untuk 10.000 tahun? Bagian dari jawabannya: hanya agar orang akan bertanya pertanyaan ini, dan setelah menanyakan nya, mendorong dirinya untuk membayangkan pengertian generasi ribuan tahun mendatang. Jika Anda memiliki Jam yang berdetik selama 10.000 tahun, jenis pertanyaan apa yang akan Anda sarankan untuk generasi mendatang? Jika Jam dapat tetap bertahan selama sepuluh ribuan tahun, tidakkah seharusnya kita pastikan peradaban kita juga demikian halnya? Jika Jam terus mampu berfungi setelah kita secara pribadi lama mati, mengapa tidak mencoba proyek-proyek lain yang memerlukan generasi mendatang untuk menyelesaikan? Pertanyaan yang lebih besar adalah, sebagai virologist Jonas Salk pernah bertanya, "Apakah kita menjadi nenek moyang yang baik?"

http://forum.viva.co.id/internasional/707740-proses-pembuatan-jam-abadi.html

TOKOPEDIA

RECENT POST :

Previous
Next Post »