CERITA TANTE DEWASA Beritanya Selalu Asik Banget BOS

Di London, Presiden SBY Didemo Aktivis HAM

TOKOPEDIA

Coba Dekati Mobil SBY, Aktivis HAM Inggris Ditangkap

London - Presiden SBY mendapat sambutan megah dalam kunjungan kenegaraan selama 3 hari di London, Inggris. Kunjungan SBY juga diwarnai aksi demonstrasi puluhan aktivis HAM terkait isu Papua. Seorang aktivis diciduk polisi karena mencoba mendekati mobil SBY.

Aktivis HAM yang ditangkap itu bernama Peter Tatchell. Dia ditangkap karena menerobos penjagaan dan mencoba mendekati kendaraan SBY saat meninggalkan Westminster Abbey pada hari pertama kunjungan SBY, Rabu (31/10/2012) demikian diberitakan BBC.

Tatchell kemudian dibebaskan tanpa tuduhan. Aksinya didasari karena dia menilai SBY melakukan kejahatan kemanusiaan di Timor Timur dan Papua Barat. Dia menyebut dirinya ditangkap saat membentangkan bendera Papua Barat.

Selain aksi Tatchell, SBY juga didemo oleh sekitar 50 orang yang berkumpul di luar kantor Perdana Menteri Inggris David Cameron yang terletak di Downing Street 10. Mereka membawa sejumlah poster yang berisi seruan protes mereka sembari mengibarkan bendera Papua Barat. Salah satu poster berbunyi "SBY. Stop killing Papuans".

"Papua Barat ditahan, disiksa, dan dibunuh dan yang dilakukan pemerintah Inggris dan seluruh negara Uni Eropa justru mendukung pemerintahannya (SBY) - mereka melakukan itu hanya demi uang," teriak salah seorang demonstran bernama Nal Pattinama seperti dilansir Reuters.

Yang juga menarik, beberapa demonstran ini mengenakan topeng-topeng Halloween yang seram dan juga menggambari wajah mereka dengan cat. Sembari melambai-lambaikan poster yang isinya menyerukan pembebasan tahanan politik Papua yang ditahan karena memperjuangkan kemerdekaan dari Indonesia

Para demonstran ini sebagian merupakan aktivis HAM dan sebagai merupakan anggota LSM HAM seperti Survival International, Amnesty International, dan LSM asal Indonesia. Mereka juga mengkritisi pemerintah Inggris karena dianggap memanfaatkan hubungan perdagangan komersial dengan Indonesia sembari mengabaikan hak-hak kaum minoritas di negeri tersebut.

Presiden SBY mendapat kehormatan mengikuti Horse Guards Parade, sebuah parade besar-besar di wilayah pusat London. Parade ini dilakukan menuju Buckingham Palace, yang akan menjadi tempat tinggal Presiden SBY dan Ibu Ani selama kunjungan 3 hari di Inggris. Dalam parade ini, Presiden SBY juga melakukan inspeksi terhadap pasukan berseragam merah dan bertopi kulit beruang, dengan diiringi 41 kali tembakan militer dan alunan lagu Indonesia Raya yang dimainkan oleh band resimen.

(nrl/gah) Cari sensasi untuk dpt dukungan dunia internasional.
Meski yg demo tak banyak, pemerintah kudu waspadai, biar bagaimanapun pemberitaan di media dunia bisa berdampak besar.

http://forum.detik.com/di-london-presiden-sby-didemo-aktivis-ham-t556282.html?df9911tpil

TOKOPEDIA

RECENT POST :

Previous
Next Post »