CERITA TANTE DEWASA Beritanya Selalu Asik Banget BOS

Desain Futuristik iPad Sudah Ada Sejak Abad 19

TOKOPEDIA

Ide-ide futuristik tentang apa yang telah terjadi hampir lebih dekat dengan prediksi esok hari. Jika futuristik adalah visioner, maka sejarah adalah revisionary.

Mungkin kita hanya mengetahui bahwa pesawat bermesin jet berkembang sejak berakhirnya Perang Dunia II, tapi tidak demikian bagi mereka yang mempunyai profesi sebagai penghibur. Pada zamannya mereka hanya memproyeksikan pemikiran itu sebagai hiburan, tetapi saat ini semua penggambaran mereka menjadi kenyataan. Seperti beberapa tokoh yang saya temukan, berprofesi sebagai penghibur dan juga sebagai kartunis di zamannya.
Futuristik Yang Menjadi Kenyataan

Futuristik modern dimulai pada awal abad ke-20 dengan serangkaian esai HG.Wells yang disebut Wells, dia mengusulkan bahwa pemikir yang serius harus menulis kebijaksanaan, faktual dan obyektif tentang kemajuan mekanik dan ilmiah besar yang mengubah urusan manusia. Tetapi jika tujuan futurisme hanya untuk menumpahkan kekuasaan gelap dan perubahan sejarah, maka harus diingat bahwa sejarah adalah salah satu dari humaniora, bukan ilmu pasti.

Mungkin suatu hal yang nihil untuk mengetahui masa depan, tetapi itu semua tidak menghentikan orang dari sikap ‘meramal’ dan terkadang dengan cara nyata dan penggunaan yang praktis.

Metode pertama menggunakan statistik untuk menganalisis data yang sulit dikumpulkan oleh pemerintahan dan bisnis, kemudian menyaring tren yang mendasarinya. Ini merupakan penelitian demografis, bukan clairvoyance yang memprediksi sebuah toko roti yang akan didirikan dipusat kota.

Metode kedua menggunakan reportorial, dimana seseorang memahami bahwa masa depan merupakan misteri gelap karena mereka tidak menanamkan upaya untuk mencari tahu apa yang mungkin akan terjadi. Metode ketiga menggunakan analogi historis, secara radikal dan akurat namun juga berbahaya karena orang-orang yang stabilitasnya melekat tampak dari masa lalu.

Metode keempat melibatkan serangkaian ritual aneh yang dikenal sebagai skenario peramalan untuk mendorong perubahan mental melalui berbagai bentuk sandiwara dan latihan. Metode kelima, jika individu tidak pernah menemui modernitas maka dapat memberitahukan kepada mereka tentang hal nyata, hal-hal asli yang sudah terjadi sekarang, dan bagi mereka semua itu adalah masa depan.
Albert Robida, Futuristik Kota Listrik



Jet futuristik / Credit: Robida, 1890

Dengan kriteria itu, futuristik terbesar dari abad ke-19 tidak hanya HG.Wells tetapi juga kartunis asal Perancis Albert Robida. Robida seorang pengarang satire yang tujuannya membuat orang tertawa, sedih dan gelisah. Dia digambarkan pada pamflet-pamflet kota dan novel sekitar awal abad ke-20.

Robida menggambarkan masa depan yang menggunakan listrik, komunikasi, mesin terbang, emansipasi wanita dan prospek futuristik yang jauh diluar pemikiran manusia saat itu.

Pengetahuan ini tampak lucu baginya, tapi karena mereka memprediksi masa lalu kita daripada masa depannya. Dan bagi kita (saat ini) mereka memiliki kehebeatan luar biasa. Abad ke-20 manusia nyaris tak menyadari keberhasilan prediksi Robida, sebuah perkiraan yang tadinya hanya dianggap impian tetapi berbalik mendukung semua penggambarannya, bahkan perkiraan itu dianggap berwawasan dan cerdas.

Push Button, Ilustrasi Komik Futuristik

Pada akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an, harapan Arthur Radebaugh memiliki masa depan sebagai ilustrator komik koran populer masa itu, termasuk komik Closer Than We Think serta iklan yang tak terhitung jumlahnya yang bertengger di sampul-sampul majalah.

Radebaugh seorang ilustrator komersial di Detroit ketika dia mulai bereksperimen dengan citra gedung pencakar langit fantastis dan futuristik, mobil streamline yang digambarkannya kemudian membawa karir Radebaugh pada pertengahan tahun 1950-an. Dia menemukan tempat baru untuk visi masa depannya ketika menggambarkan komik Closer Than We Think, debutnya pada tanggal 12 Januari 1958 beberapa bulan setelah Uni Soviet meluncurkan Sputnik.

Radebaugh berhasil mempesona pembaca dengan penggambaran kehidupan sehari-hari berteknologi futuristik seperti jet, push-button education, dan robot yang bekerja di gudang.



Push button education / Credit: Arthur Radebaugh, Tribune Media Services, Inc

Komik ‘Closer Than We Think’ selama lima tahun menarik simpati pembaca surat kabar di seluruh Amerika Serikat dan Kanada, hingga pada puncaknya mencapai sekitar 19 juta pembaca. Ketika Radebaugh meninggal di sebuah rumah sakit veteran pada tahun 1974, karyanya telah dilupakan sejak kemunculan The Jetsons dan Walt Disney Tomorrowland.


Buku Elektronik (iPad), Desain Futuristik Awal Abad 20

Buku elektronik futuristik sudah di prediksi ditahun-tahun sebelum era komputer berkembang. Keyakinan Thomas Edison di abad ke-19 menyakini bahwa buku-buku masa depan akan dicetak pada lembaran nikel.

April tahun 1935 isu penemuan buku elektronik futuristik menjadi langkah logis berikutnya dalam dunia penerbitan (Everyday Science and Mechanics, 1935). Pada dasarnya orang-orang akan membaca mikrofilm yang dipasang pada tiang besar, perangkat media ini akan menyediakan tempat duduk saat membaca buku tebal.
Ebook 1935


Ebook 1935 / Credit: The book reader of the future (April, 1935 issue of Everyday Science and Mechanics)

Meskipun Rene Dagron memiliki hak paten pertama mikrofilm pada tahun 1859, tetapi George Lewis McCarthy yang mengembangkan penggunaan praktis mikrofilm tahun 1925 yang memungkinkan untuk membuat salinan miniatur dari dokumen bank. Eastman Kodak membeli penemuan McCarthy pada tahun 1928 dan teknologi miniaturisasi teks diadopsi dengan cepat pada tahun 1930-an. Pada tahun 1935, New York Times mulai menyalin semua edisi yang ke mikrofilm.

Mikrofilm merupakan alat praktis untuk pengarsipan bahan cetak untuk sejumlah lembaga di tahun 1930-an, termasuk Oglethorpe University yang sedang mempersiapkan Crypt of Civilization. Crypt ini disegel pada tahun 1938 dan dimaksudkan untuk dibuka pada tahun 8113, ini juga merupakan ide futuristik yang ditanam pada sebuah kapsul.


http://forum.viva.co.id/aneh-dan-lucu/584477-woowww-desain-futuristik-ipad-sudah-ada-sejak-abad-19-a.html

TOKOPEDIA

RECENT POST :

Previous
Next Post »