Italia terkenal sebagai produsen sejumlah mobil sport kelas dunia -
seperti Ferrari, Lamborghini, dan Alfa Romeo. Namun, belakangan ini,
rakyat di negeri itu justru lebih banyak membeli sepeda ketimbang mobil.
Demikian ungkap media lokal, yang juga dikutip stasiun berita BBC, 2
Oktober 2012. Harian La Repubblica mengungkapkan bahwa tahun lalu ada
1,75 juta unit sepeda yang terjual di Italia. Jumlahnya 2.000 unit lebih
banyak dari pembelian mobil-mobil baru.
Menurut kalangan media, data di atas terkait erat dengan krisis ekonomi
yang melanda Italia dalam beberapa tahun terakhir. Dililit krisis utang
dan pengangguran yang tinggi, kebanyakan warga Italia kini memilih
berhemat.
Banyak konsumen yang memilih punya sepeda baru ketimbang membeli mobil,
karena selain harganya jauh lebih murah juga tidak perlu beli bensin,
yang harganya terus naik, dan tidak pusing memikirkan pajak dan biaya
perawatan kendaraan bermotor yang mahal.
Konsekuensinya, perubahan pola pikir konsumen itu memukul penjualan
otomotif di Italia. Data terkini menunjukkan bahwa penjualan mobil di
Negeri Spagetti itu anjlok hingga ke level yang sama pada 1964, atau 48
tahun lalu.
Sebenarnya budaya bersepeda di Italia juga tergolong kuat. Namun, dalam
beberapa tahun terakhir, lalu lintas di kota-kota besar didominasi oleh
mobil dan skuter.
Selain terkait dengan krisis ekonomi, makin banyaknya pembelian sepeda
itu terkait dengan anjuran pemerintah Italia. Menjelang konferensi
sepeda akhir pekan ini, Presiden Giorgio Napolitano mengimbau rakyat
untuk tidak kalah dengan negara-negara tetangga, yang tengah
mempopulerkan penggunaan sepeda di banyak jalan.
http://forum.viva.co.id/internasional/551108-di-italia-makin-banyak-warga-beli-sepeda-ketimbang-mobil.html
Di Italia, Makin Banyak Warga Beli Sepeda Ketimbang Mobil
Posted by
blogger asik
at
04.52
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »