CERITA TANTE DEWASA Beritanya Selalu Asik Banget BOS

Asal-usul Simbol bagi Pria dan Wanita di Dunia Sains

TOKOPEDIA



Semua pasti pernah dong mengamati logo atau lambang di atas ? Nah agan mungkin sudah tahu, itu adalah lambang untuk menyatakan jenis kelamin lelaki dan wanita.

Mengapa simbolnya seperti itu? Apa arti yang terkandung pada simbol itu? Bagaimana sejarahnya?

Nah di sini ane akan coba ceritain gimana lambang tersebut dipergunakan jadi symbol bagi pria dan wanita. Mari kita simak gan ......


Cukup menakjubkan ternyata gan .... keberadaan simbol itu ternyata sudah cukup lama loh. Didalam dunia Ilmu pengetahuan saja, lambang ini ternyata sudah dipakai sejak tahun 1753, oleh Pengarang buku Species Plantarum. Sebelumnya simbol-simbol yang menyatakan laki dan perempuan ini ditemukan pada peninggalan-peninggalan kuno pada jaman prasejarah. (pra sejarah gan ~_~' ..... jaman batu)



Sebelum ada tulisan, bangsa-bangsa prasejarah menggunakan gambar dan simbol untuk “berkomunikasi”. Para ahli selama ini telah mencoba untuk mencari hubungan mengapa simbol tersebut yang digunakan untuk menunjukkan laki dan perempuan.


Ada yang berpendapat tanda lingkaran dan panah menunjukkan bahwa laki-laki saat itu memang dikenal sebagai pemburu yang bersenjatakan tombak, sementara simbol lingkaran dengan tanda silang dibawahnya, sebagai penggambaran perempuan, menunjukkan bahwa wanita memiliki kecenderungan bercermin (lambang itu dianalogikan sebagai cermin bergagang).

Tapi ada juga yang menyebutkan bahwa simbol-simbol itu telah mengalamai perubahan sejak lama, yang diturunkan dari bentuk fisik manusia laki-laki dan perempuan.


Oh ya simbol ini juga digunakan sebagai simbol planet di tata surya kita loh, yaitu untuk Mars dan Venus (Mars sebagai gambaran laki-laki, dan Venus untuk Perempuan).


http://forum.viva.co.id/aneh-dan-lucu/553933-asal-usul-simbol-bagi-pria-dan-wanita-di-dunia-sains.html

TOKOPEDIA

RECENT POST :

Previous
Next Post »