Ketika tekanan hidup mulai menghimpit, antara pekerjaan, kehidupan
sosial, kehidupan keluarga, dan lainnya nampak mulai berat, diperlukan
usaha lebih dan kemauan untuk menyeimbangkan hidup.Dalam bukunya yang
berjudul Overworked, Overwhelmed and Underpaid, Barajas menceritakan
tentang orang-orang yang memiliki tipe dualsentris. Orang-orang semacam
ini menempatkan pekerjaan dan kehidupan pribadinya dalam level yang
sama. Dan ketika terjadi keseimbangan seperti ini, maka stres tak akan
terlalu terasa menekan. Barajas menekankan 4 poin untuk membantu kita
menyeimbangkan hidup;
1. Tetapkan batasan tegas antara pekerjaan dan sisa hidup Anda lainnya.
Barajas mengatakan pentingnya untuk mendefinisikan garis antara rumah
dan pekerjaan. Ketika orang yang memiliki dualsentris tadi bekerja,
mereka fokus dalam pekerjaan. Ketika mereka pulang ke rumah, pekerjaan
dan segala hal yang terkait dengannya ditinggalkan di kantor. Mereka
jarang membawa pulang pekerjaan, dan tak membuka jalur komunikasi yang
berurusan dengan pekerjaan di luar jam kantor.
2. Fokus dengan apa yang Anda kerjakan di saat ini. Berada di suatu
tempat tidak berarti Anda bisa fokus dengan keadaan. Ketika Anda
memberikan atensi terbesar di manapun Anda berada, secara fisik, mental,
dan emosional, Anda akan mendapati bahwa Anda bisa memberi sekaligus
mendapatkan lebih banyak, baik itu dari tugas kantor, maupun hubungan
Anda. Usahakan untuk berada di suatu tempat dan fokus, jangan biarkan
pikiran Anda mengembara ke mana-mana saat Anda seharusnya melakukan
sesuatu.
3. Ambil waktu untuk beristirahat dan menyembuhkan diri. Akan sangat
baik untuk bisa mencapai atau melebih ekspektasi di pekerjaan, namun
yang tak kalah pentingnya untuk memperhatikan jangka panjang, yakni
kesehatan Anda. Menjaga diri Anda adalah investasi jangka panjang yang
amat berharga secara profesional dan personal. Barajas memberi saran
untuk menciptakan sebuah atmosfer untuk kemungkinan hal ini. Manjakan
diri Anda untuk me-recharge kembali energi Anda, dengan kata lain,
jangan lupa untuk mencari ‘me-time’.
4. Tetapkan prioritas Anda. Ketika Anda merasa kelelahan kala bekerja,
kenyataannya, Anda sudah kehilangan prioritas Anda. Anda harus
memutuskan apa yang penting untuk Anda. Salah satu cara untuk
mendapatkannya adalah dengan menciptakan sebuah cetak biru hidup.
Tetapkan apa tujuan hidup, peran yang ingin Anda emban, nilai-nilai, dan
arti hubungan Anda. Ketika Anda mendesain cetak biru hidup Anda,
kerjakan dan lakukan semampunya, niscaya stres akan menjauh dan hidup
Anda lebih penuh. Tentunya ciptakan cetak biru dan cita-cita yang
realistis agar tak menjadi beban yang berat di pundak Anda.
http://forum.viva.co.id/kesehatan/3445-4-cara-mengkontrol-penyebab-stres.html
4 Cara Mengkontrol Penyebab Stres
Posted by
blogger asik
at
19.46
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »