CERITA TANTE DEWASA Beritanya Selalu Asik Banget BOS

WOW Malam Ini, Hujan Meteor Pertama Tahun 2013

TOKOPEDIA

Kamis (3/1/2012) dini hari atau malam nanti, ada hujan meteor Quadranids yang akan membuka pertunjukan langit tahun 2013. Menurut publikasi Badan penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), 20 Desember 2012, hingga sebanyak 80 meteor bisa tampak per jamnya.

Hujan meteor bisa disaksikan pada dini hari sejak sekitar pukul 04.00 WIB. Bersiap-siaplah sejak sejam sebelumnya untuk menemukan tempat yang lapang dan minim polusi cahaya. Jangan lupa membawa kamera yang memadai untuk mengabadikan momen hujan meteor ini.

Meteor Quadranids berasal dari asteroid 2003 EH1 yang diobservasi pertama kali pada tahun 1825. Saat debu-debu asteroid tersebut mengalami kontak dengan atmosfer Bumi, maka terjadilah hujan meteor Quadranids.

Meteor akan memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan sekitar 145.000 km/jam. Meteor akan terbit dari rasi Quadrans Muralis. Rasi tersebut dinamai oleh astronom asal Perancis, Jerome Lalade tahun 1795.

Untuk hujan meteor Quadranids tahun ini, cahaya Bulan akan sedikit mengganggu pengamatan. Namun, selama awan dan hujan tak terjadi, salah satu hujan meteor mayor ini tetap dapat dinikmati oleh warga Indonesia. Saatnya make a wish.

TOKOPEDIA

RECENT POST :

Previous
Next Post »