CERITA TANTE DEWASA Beritanya Selalu Asik Banget BOS

WOW Piala Dunia 1938 Indonesia VS Hungaria dengan skor akhir 6-0

TOKOPEDIA

Piala Dunia 1938, Saat itu Pertandingan Indonesia VS Hungaria dengan skor akhir 6-0

Indonesia yang saat itu dikenal sebagai “Hindia-Belanda” dan mewakili Federasi Sepak Bola Hindia-Belanda, melaksanakan debutnya di Piala Dunia pada edisi ini akibat pengunduran diri Jepang dalam kualifikasi. Dengan itu, Indonesia menjadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia. Pada putaran final, Indonesia sudah takluk pada babak pertama dari Hongaria yang kemudian menjadi runner-up, dengan skor 6 – 0.[via:wikipedia]

NIVU VS PSSI

Pengiriman kesebelasan Nederlandsche East Indies sempat menjadi masalah. Pasalnya, NIVU (Nederlandsche Indische Voetbal Unie) atau organisasi sepak bola Belanda di Indonesia bersitegang dengan PSSI yang sudah berdiri sejak April 1930. PSSI yang saat itu masih dipimpin pendirinya, Ir. Soeratin, ingin agar pemain PSSI yang dikirimkan ke Perancis.

Namun, akhirnya yang dikirimkan adalah kesebelasan berbendera NIVU, karena PSSI belum diakui FIFA. Pemain-pemainnya pun bukan pemain PSSI, tapi mereka yang bekerja di perusahaan-perusahaan Belanda.

Sayang langkah kesebelasan Hindia Belanda hanya sampai di babak penyisihan, karena dipertandingan pertama dikalahkan oleh Hungaria dengan skor 0-6. Hungaria sendiri akhirnya sampai di grand final, meski hanya mampu menjadi runner up karena dikalahkan Italia yang menjadi juaranya.

Berikut skuad kesebalasan Hindia Belanda di World Cup 1938:

Beuzekom, Henk Sommers, Tan Mo Heng, Hartung, Tan Djien, Hans Taihuttu, Suvarte Soedermadji, Frans Meeng, Sutan Anwar, Van Den Burg, Frederik Hukom, Nawir, Tjaak Pattiwael, Faulhaber, Kolle, Telwe, Bing Mo Heng, Jack Sanniels, dan Tan Se Han. Pelatih: Johannes Mastenbroek


 

http://www.shilopedia.net/2012/02/foto-dan-info-tim-indonesia-di-piala.html

TOKOPEDIA

RECENT POST :

Previous
Next Post »